Oleh: viewie white blog's | 2 Maret 2012

tanda-tanda spidometer mau mati

GEAR BOX ASSY

GEAR BOX ASSY

Artikel ini adalah pengalaman pribadi VW. Bermula ketika sedang solo riding menuju rumah kawan di daerah bogor yang berjarak 48Km dari rumah, waktu itu VW bersama kawan-kawan lainnya mau mengadakan reuni. Dari rumah star pukul 9 pagi. Cek kendaraan semua sudah dilakukan, takut ada apa-apa di jalan J. Kebetulan sekali cuaca cerah, wah tambah semangat berkendara ni :D. pas sampai kota bogor jarum spido meter ko jalannya aneh ya,  loncat-loncat. Gak lama kemudian spidometer mati. Wah putus nih kabel spidonya. Fikir VW saat itu. L pulang dari rumah kawan VW mampir ke bengkel resmi Yamaha di bogor untuk mengganti kabel spidometer. Selesai dari bengel VW melanjutkan perjalan pulang. Kira-kira 5Km dari bengkel Yamaha spido kembali mati. Wah gak becus nih montir. Baru di pasang mati lagi. Sedikit emosi waktu itu, mau balik lagi keadaan jalan macet. Ya sudah lah tidak apa-apa ikhlasin aja. Sampai di rumah VW penasaran ko bisa kabel spido masih baru mati lagi.  Cek bongkar kabel di putar manual dengan tangan masih berfungsi, maka indikasi kedua tertuju ke gear assy spidometernya. Ternyata gear nanasnya kering, jadi mengakibatkan aus. Tanya-tanya teman gear assy spidometer harganya 143rb. L nyesel ga pernah nge’cek greasenya.

GEAR NENAS AUS

GEAR NENAS AUS

Oleh karena itu terfikir ada baiknya berbagi pengalaman sesama penunggang roda dua aka motor agar kita lebih merawat  terhadap tunggangan kita. Sebenarnya masalahnya sepele yang akan VW bahas di artikel ini yakni  gear assy kabel spidometer. perangkat ini termasuk yang sering kita lupakan untuk perawatannya, padahal harga gear assy cukup mahal sekali. VW ambil contoh untuk gear assy spidometer Yamaha dihargai 143rb dan untuk kabel spidometrnya cukup murah masih di bawah 20rb.  memang  perangkat ini tidak berpengaruh terhadap kinerja mesin, akan tetapi penting sekali untuk mengungatkan kita sebagai penunggang kuda besi mengetahui kecepatan di saat berkendara. Bagaimana jika perangkat ini tidak berfungsi…? Sangat bahaya bukan..?

Ada beberapa ciri-ciri atau tanda yang sangat mudah untuk mengetahui perangkat gear assy beserta kabel spidometer yang bermasalah.

  1. Laju jarum spidometer tidak sesuai dengan kecepatan laju motor agak tersendat
  2. Jarum spidometer bergerak tetapi loncat :D
  3. Laju Jarum spidometer tidak mulus, goyang

Memang kerusakan  bisa disebabkan oleh kabel spidometer maupun gear assy.  Oleh karena itu segera di cek rumah gear assy apakah pelumas grease / gemuk masih ada atau sudah kering. Jika rumah gear assy kering tambahkan sedikit grease / gemuk agar mengurangi gesekan yang menebabkan aus pada gear nenas nya.
Jika sudah terjadi aus, laju spidometer tidak akan normal lagi bahkan mati, untuk itu harus di ganti dengan gear assy baru yang harganya cukup mahal. Namun jika gear assy masih dalam kondisi bagus kemungkinan kabel spidometer sudah aus, namun untuk perangkat ini cukup murah masih di bawah 20rb Lebih baik di ganti saja. karena jika sudah ada indikasi seperti diatas pasti tidak lama lagi spidometer tidak akan berfungsi.

About these ads

Responses

  1. sering ngelewatin genangan air saat hujan kah mas bro? Kok bisa kering tuh grease? Atau motor udah berumur?

    • motor sya, motor cape mazbro… dulu sehari jarak tempuh minimal 115km PP selama dua tahun, di pake kuliah.. maklum kota tempat tinggal namanya kota hujan (bogor) jadi seringnya ya ujan2an. emang motornya juga udah berumur.. !:D

  2. info bagus . .thks bro

    • iya kang haji.. terimakasih.. hanya berbagi pengalaman pribadi, sekaligus mengingatkan. :)

  3. punya saya, spido masuk di 60km jalan loncat2, setelah 70 km normal, maklum gear box assy udah gak asli. motor saya bebek yamaha apa semua gear box assy yamaha harganya sama

    • Bro zacky, mungkin itu gejala pengen di ganti lagi gear assy spidometernya.  klo gear assy non original bahan plastic nya jelas sangat berbeda, sangat rapuh. Ga lama pasti ganti lagi. Kebetulan VW bekerja di perusahaan injection plastic jadi bisa sedikit membedakan. VW rasa gear assy untuk bebek dam matic Yamaha harganya sama saja (cukup mahal) :D . semoga membantu

  4. kalo udah ganti tapi masih goyang2 jarum speedonya, kenapa bro?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 643 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: