Oleh: viewie white blog's | 1 Mei 2012

Mencoba subtitusi kopling Honda Beat di Yamaha Mio

Memang memiliki motor yang sudah berumur ada saja spare part yang kepingin diganti, tetapi kadang tidak tepat waktu. Maksudnya jika pas ada uang gak masalah, nah jika uang sedang pas-pasan nah itu jadi masalah. Gak di benerin kita butuh berkendara, di benerin uang lagi pas-pasan. Kejadian sama VW kemarin, kopling otomatis Yamaha mio tunggangan VW sudah tipis. mau ganti yang orisinil muahal 230rb’an.  Mau yang imitasi takut jebol. Kalau ada uang lebih gak masalah, lha ini lagi tongpes.. dapet saran dari teman bahwa kopling otomatis Honda beat bisa di pasang di Yamaha mio tanpa merubah apapun. Menarik juga saran teman VW :D. hari sabtu 21 April  2012 pulang kerja mampir di bengkel plus Honda, Tanya-tanya kopling otomatis Honda beat, ternyata harganya 110rb (hanya kanvas saja) lalu beli satu. Nih penampakannya.

kopling Honda beat

setelah di buka dari kemasannya

Di bongkar. Wah..! ternyata memang sama persis.

Hari minggu 22 April 2012  pagi-pagi sekali VW ke bengkel Resmi Yamaha untuk sevice CVT sekalian di pasangkan kanvas kopling subtitusi dari Honda Beat. Daftar sevice, si mas yang melayani pendaftaran serice tanya. Barang dari mana nih mas ko kanvasnya saja.. VW jawab dari teman…! Tapi dilihat dari mimic mukanya kelihatan tidak senang, sampai di panggil kepala mekanik.

Saya lihat dari jauh kepala montir Nampak seperti kesal nyervice si putih.

Bukan bermaksud melecehkan Yamaha, VW bawa spearpart dari luar Yamaha dan bukan maksud VW ngledek montir Yamaha yang di suruh masang kanvas kopling yang di beli Dari Honda. Walaupun sebelumnya VW  sudah membuka dulu kemasannya .. Toh saya pengguna setia Yamaha dan saya percaya kemampuan montir Yamaha yang handal. Nah seharusnya Yamaha peka akan hal ini. Mengambil langkah  seperti Honda Beat. Memberikan opsi menjual spearpart  kopling otomatis secara ter’uray, sebetulnya sama mahalnya jika membeli rumah CVT kopling Honda Beat satu set. Tetepi Honda cerdik dalam hal ini, menjualnya dengan cara ter’uray.

kopling Honda Beat

Alhasil menjadi murah. Yang pasti habis terkikis adalah,kanvas koplingnya bukan rumah koplingnya, jadi untuk apa membeli rumah dudukan kopling satu set dengan kanvas jika hanya kanvas kopling saja yang habis dan rumah koplingnya tetap bagus. Lebih hemat kanvasnya saja iya toh..? Di negri tercinta kita ini gudangnya akal2an, jika masih ada yang lebih murah dan original kenapa harus membeli yang mahal.. :D  termasuk VW ini..! xixixixi

ada komentar….?

About these ads

Responses

  1. Gimana hasilnya? Mio ane juga pasang kampas ganda beat yang kalo diukur lebih tebel dari standar mio. Awalnya langsung pasang, efeknya kampas nempel terus walaupun saat idle. akhirnya bongkar lagi, dan di gerinda dikit di dudukan penahan kampasnya, setelah di rasa pas. hasilnya gas dikit kampas udah nempel, start mio lebih cepat nggak pake ngeden dulu.
    Waktu itu juga sekalian ganti secondary sliding sheave, soalnya udah coak alurnya.

    • Kemarin sih pas pasang ga pake akal2 bro.. plug n play aja. Langsung di pake. Cuma emng mio saya mio lawas, mangkok kopling sudah berumur 4 tahun lebih. Mungkin mangkok koplingnya sudah sedikit dalam permukaannya. Jadi ketebalan kanvas kopling beatnya ngga ngaruh / mepet mangkok koplingnya. Malahan sekarang makin ngacir tuh bro.
      harusnya seharusnya jika sliding sheave sudah di ganti, tarikan normal lagi. salah di roller kli bro..?

      • Salam bro, sy mau nanya law kampas kopling hond beat d pasang ke soul gt bs gk?

      • Waha ane lom coba bedain kopling mio karbu sama mio inject.. ane lom sempet bedain sama kopling x ride ane.. soul gt sama x ride satu mesin..

    • kalo loller di kombinasi gmna ya bos?misal ya loller standr di kmbinasi rcing??buat beat,trus ukuran rcing brapa grm dn hrus brpa bji masng ya,
      trimksih

      • Bisa selang seling 3 biji. Misal 11gr sama 8gr.

  2. klo ke mio soul koq ga msuk iia keteebelan

  3. gan kalo kanvas kopling dtempel divario bisa gk y?

  4. gan kalo buat nouvo lele cocok ga d pasangin kampas beat?

    • agak berbeda mazbro perlu penyesuaian..

      • kanvas nouvo bisa plug sama mio punya sdh icoba dinouvo lele gw,,,mgkn saja ngeplug dgn beat punya

      • yg bener bro..? sya malah belom nyoba..

  5. boss,,mio lama sama yang baru ttep bisa pake’ kmpasnya beat kn?

    • asalkan masih versi 5TL.. aka mio smile ke bawah..

      • kalo mio 2010 bs ga bro?mio ane mmg blm prnh aus,tp jd kepikiran jg kl hrs bl 1set.liat versinya dmn bro?trus gear nenas spido dmn letaknya?blm prnh bongkar2 sih.sory bro byk nanya,soalnya br pertama baca warung ini,cari2 blogger yg sm tunggangan ane,akhirnya dpt jg…he.he

  6. kanvasnya langsung klop, atau ada yang di gurinda lagi, thx bro

    • PNP mazbro… klop tinggal pasang.. cuma ada sedikit penyesuaian klo mangkok kopling masih tebal.. alias blum dalem.. di ampelas sedikit permukaan kanvas’ya. karena kanvas beat agak sedikit lebih tebal dripada mio.. jadi bisa nempel terus tuh kanvas ke mangkok kopling.. :)

  7. mangkok kopling mio diganti punya beat bisa gak ya?

  8. kalo mio sporty bisa ga gannn,,,,, thx info nya….

    • bisa bro…

      • Nmpag nanya ni..klo ane pengen pake kanpas beat bisa gak y…mtr ane nouvo lele. Penyesuaiannya gmn?

  9. bro, minta tolong pencerahannya !! MIO SOUL saya kl baru start n RPM rendah selalu terasa nendang, apa mungkin kampas koplingnya sudah perlu diganti ?? mohon info selanjutnya !! makasih …

    • bisa macem2 bro sebabnya… greas/gemuk di secondary kering. roller peang, CVT retak/keras, kopling kotor/habis. coba di cek satu persatu.. tapi biasanya roller peang yang bikin nyundul.. ini menurut pengalaman pribadi ya.. yang paling fatal secondary/rumah CVT coak.. lumayan mahal.

  10. kalo rumah CVT kroak bisa dikanibal nda gan? punya ane dah kroak tapi blum ada duit, kalo ada solusi yang lebih “miring” ongkosnya. TQ b4

    • Klo yg di maksud adalah secondary. Banyak yg KW lumayan juga Buat ganti sementara.. harga 60rb.. cuma seal sama O ring pake yg bekas part sebelumnya yg udh coak..

  11. mas bro klo ganti mangkok kopling nya beat ada efek samping nya g….?

    • wah ane blm pernah nyoba

      • mau nanya mas bro…..kmren d bagian V-belt kmesukan air…..trus hasil nya kayak bnyk garam nya,,,tapi sudah saya bersihin nie…apa ada kendala laen….thanks

      • Di bersihin aja rumah CVT dan perangkat lain yang berhubungan menggunakan bensin. Beri greas/gemuk baru pada rumah CVT.. jika smua sudah dilakukan gak akan ada kendala baru.. tapi asal tidak telat penanganan saja..

  12. mas brow..mio sy th2008 lain2 normal,masalahny klo dingin/pgi wktu manasin suara digardan ngess ngess kyk da yg gesek lmyn kenceng tp klo dh hbs jalan/mesin panas suarany hilang,kira2 apany y..tks sblmny

    • biasanya ada rongga di pinggiran mangkok koplingnya, ngakalinnya di lem besi rongga2nya.. bisa jadi juga greas sudah kering

  13. Permisi mas bro, kalo rumah kopling+kampas kopling beat dipasang ke mio bisa ga? Thx

  14. kipas di CVT semplak ngaruh gak mas bro?

    • Mungkin yang di maksud bro, kipas CVT yg posisinya berada di depan, bersebelahan dengan rumah roller..? lebih baik ganti saja, murah ko bro… gak nyampe 30rb.. sama ongos pasang ya 50rb lah. Jika dibiarkan bisa gak seimbang perputaran cvt, gejala bisa macem2. Mulai nyundul2, ngedredet, paling parah pecah dll. Makin mahal nanti br.o. semoga membantu…. :)

  15. mf bang ane lg bingung ,,gmna cara ngilngin deredet ,,pakah ganti kanvas;a atau apanya …..

    • itu banyak faktornya mazbro.. bisa dari roller yg sudah peang, kanvas yang sudah tipis, mangkok kopling yang peang juga, greas di rumah CVT yg sudah kering. atau secondary yang sudah coak dan CVT yg sudah kaku..
      coba saja bersihkan dulu, cek satu persatu. Jika ada yang sudah kurang bagus lebih baik di ganti saja..
      biasanya sih yang sering, masalahnya. Roller peang, CVT kaku, greas kering. nah jika greas kering, rumah CVT/secondary bisa coak. Itu bisa mengganggu kinerja buka tutup rumah CVT. Yang harusnya CVT tekanan’y kencang menjadi kendor. Begitu juga karet CVT, CVT kaku biasanya kering, nah jika kering CVT kurang menggigit rumah CVT, jadinya nyundul2..

  16. mar bro mau tanya lagi nie……mio ane (2008) klo pagi mesin nya kok brebet bngt ea .masalah nya apa sie padahal kemaren baru d i servis dealer yamaha…..apakah slang bensin nya bermasalah…….thank’s..

    • udah periksa filternya belum bro.. mungkin kotor, walaupun baru di service.. mungkin filter sudah usang. Banyak debu nempel, yg gak bisa bersih jika hanya di semprot angin. Jadi ganti saja yg baru.. Lihat api di busi, merah apa biru.. klo merah berarti busi sudah usang, jadi pembakaran gak sempurna.. stelan angin di karbu juga pengaruh. Kemungkinan terakhir, yg seperti bro sebutkan. Ada kotoran di slang bensin.

  17. mas bro…mau tanya…dri tadi ane liat komen2 diatas.. ya kalo PNP si enak ya bro…kalo ga pas..itu yang di gerinda kanvas kopling’y atau penahannya bro??? oiya satu lagi.. itu kan kanvasnya terurai… kalo beli satu satu bisa ga bro…??? thx

    • Biasanya kanvas kopling punya beat agak sedikit lebih tebal, jadi kanvas’ya yang di kikis, tapi sedikit saja.. yang penting kanvas tidak nempel ke mangkok kopling terus2an.. bisa2 motor gak mau netral, pasti nylonong terus. :D untuk yang lainnya sama saja dengan punya mio. tapi jika mangkok koplingnya sudah agak dalem gak masalah.. kopling beat di jual per 3pcs Rp.110rb kanvas, gak di jual satuan..

  18. Permisi gan mo nanya.mio ane kalau gas pelan gregel gregel apanya ya gan.tp kalau spontan kga.mkasih sebelumnya

    • Beragam permaslahannya. Coba di cek satu persatu
      Biasanya kotor / kering vanbelt’y/ getas pecah jadi kurang gigit
      Greas kering di rumah cvt belakang dan depan.. jadi buka tutupnya gak lancar.. otomatis vanbelt agak kendur, jadi deh loncat2..
      Roller peang..
      Kanvas Kopling tipis / kotor jadi gak gigit juga

  19. met pagi gan…….mau tanya nie….masalah sie item yang kurang respon angkatan bawah nya…..padahal udah ane ganti kampas punya.e beat……tp roller ,v belt standart…apa masalahnya mangkok nya jg perlu d ganti gan .soalnya ada bunyi ciiiiiiiitt gitu……….tyus klo mesin top speed gas d lepas langsung ada ledakan d knalpot…..keras banget…mohon solusinya
    thank’s..,,,,,,,,,,….

    • Pagi bro..
      mangkok kopling sudah dalem, itu pengaruh juga bro.. rada telat respond jadinya
      masalah ciiit CVT kotor tuh.. untuk roller setandaran juga dah bagus, klo di kurangin beratnya, emang responsive bgt di bawah.. tapi diatas ngeraung2 :D top spedd berkurang. Tapi roller bisa di silang2. Standar 3 racing 3.
      tapi coba cek di sektor mesinnya. klo motor broo udah lumayan udah ada umurnya … coba service.. biasanya di blok mesin sudah kotor. Klep udah item kebanyakan carbon sisa pembakaran. Jadi kompresi rada kurang ok.. bisa di skir klep.. klo gak ya di ganti aja murah ko sepasang gak nympe 100rb..
      nah untuk ledakan di kenalpot, bisa setingan carbu yang kurang ok.
      Bisa juga tali choke yang seret, pas tutup setelah di tarik di tarik. Kabel Choke gak balik sempurna. Jadinya bensin di karbu terlalu kaya.. otomatis itu karbu keselek .

      • klo mau ganti mangkok kopling punya.e beat bisa g……sekalian harga nya brapa..thank…s…….hehehe

      • pake mio aja bro.. harganya 160rb.

  20. Mazbro VW…mohon pencerahan ya..motor saya nupo z th 2007 tipe 5MX..ada bebeerapa pertanyaan yg symau tanyain mas bro:
    1. kampas Honda beat bs sya pakai di nupo sy nggak?bebrapa sumber mengatakan nupo z tipe 5mx adalah tipe nupo z awal
    2. kl mangkuk kopling platnya sy las listrik 3 titik bagaimana ya?biar nggak nyicit terus..pk lem besi tdk thn lama (mohon pencerahan berapa titik las yg tepat?)
    3. bgmn kl penampang di mangkuk kolping yg bersentuhan dengan kampas koling sentrifugal di bor 4mm beberapa buah (maksudnya untuk lobang keluar gram dan mengurangi panas gesekan)apakah berpengaruh negatif terhadap ketahanan besinya?(mohon pencerahan bila diperbolhkan, berapa titik lobang yang tepat)
    4. apakah vanbelt cvt noupo sy (5TL-E7641-01) bisa substitusi dengan vanbelt mobil? kl bisa tipe vanbaeltnya apa ya mas bro?
    terimakasih tanggapannya mas bro…mohon PM ke ismail sy ya mas bro : iandra_aa@yahoo.com
    (suka lupa alamat ini mas bro)

  21. saya mw nnya ne bro mio saya hidup nya susah n klu hidup digas ful msh gas nya tu lmbat bro.. .

  22. sudah pake kanvas punyae beat kok d tanjakan malaah tenaganya kurang ya bro………..??dan saat staart kayag berat bget wat jalan apaanya ya broo ….

    makasi

  23. mau tanya broo…? penggantian kampas mio ntuh brpa tahun atau stiap brapa KM ya broo??

    • idealnya setiap 25rb Km.. tergantung cara berkendara.. gasrak apa santai.. :D

  24. tanya lagi bro…
    mtor mio saya sering keluar seperti rembesan oli..gmna cra perbaiki nya broo apanya yang perlu di korek broo…??

  25. mio saya roller dan per cvt udah ditukar yang racing , tapi kanvas nya tipis . saat gas pertama agak nahan. apa yang perlu diganti bro ? dan efek pake kanvas beat untuk mio ?

  26. berarti klo ganti rumah koplingnya ntu kampas ganda beat harus di amples ya gan VW???thks

  27. gan kalo mio smile,bisa pake kopling beat gak??terus kerasanya gimana kalo udah ganti kopling beat?

    • Bisa… itu masih ketrurunan mio sporty.. :D hal2 yg dirasakan pertama, kita beli lebih murah tapi orsinile jadi kantong gak keluar duit banyak alias hemat.. kedua tarikannya lebih responsif dan karena agak tebel jadi awet.. ini tahun kedua saya pake kopling beat… allhmdllh masih tebel..

  28. mas,klo secondary sliding sheave nya udah coak perlu diganti ya?
    pake kampas ganda beat langsung plug?

    • perlu baget bro… itu sangat mempengaruhi performa. klo coak tenaga suka nahan di tengah, susah naik..
      ada yg after market 50-60rb… tapi ya gitu sealnya rembes mulu.. walau pake seal ori.. seal ori satunya 25rbx4pcs. kampas beat PNP bro… klop markotop :D

  29. Mas kalau motor mio waktu angkatan pertama selip itu gimana ya ?

    • klo mendecit… biasanya karet CVT kotor atau udah keras alias kering…. klo gak respons kya meraung… bisajadi kopling habis..

  30. mas…tanyak..kn daleman CVT mio.ku tk ganti yg racing” nih…trus v-belt kok gmpang rusak kenapa ya???? uda ganti bolak balik dari yg biasa sampek yg racing” aku…tetep aj gmpng rusak..mulai dari retak”..truss cuil” gitu…

    • mw tanya nih.. beli Vbeltnya di beres apa di toko biasa.. biasanya klo di toko biasa banyak yg aspal..
      biasanya part racing sama ori beda kemiringa vbelt.. mungkin jadi gk presisi.. cmiiw imbasnya gk klop jadi panas berlebih.. retak2 plus ompong.. tapi biasanya part ori tahan panas jadi awet

  31. bsa plug n play gx klo d soul thn2011 ???

    • Masuk bro… klop2 aja. Mayan ngirit 120rb

      • thnx masbro info nya ..

      • sip.. :)

      • gan mw nnya ni ..
        Mtor w kn soul 2011 udh pake velg 17 ..
        Trz standart smping n tngah.a jd kpendekan ..
        Ad solusi.a gx gan klo mw gnti standart yg klop bwt d soul ane standart ap ??
        Biar rada tinggian
        Thnx

      • Klo kawan2 biasanya pake ban yg ukuran tebal per 60 jadi gk ttlalu tebal. Cara lain turunin sok depan sedikit. Tapi jangan kebanyakan takut mentok spakbor, bannya..
        Klo pengen sedikit safty pake velg 16″ ban gk terlalu cacingan. :D

      • udh mentok gan sok dpan.e
        Pngen.e si gnti standart, tp standart ap.n y ??
        Pnya jupiter mx msuk gx y ??

      • Waduh udah di turunin smpe mentok masing ngegantung standarnya.. pake jupiter mx masuk2 aja bro… cuman jadi tambah tinggi.. biasanya sok depan jupitet mx di pake anak2 mio, buat modif trail mionya.

      • ok dh .. Thnx ya gan info.a

  32. Mas brow….buat soul gt bisa pake kampas ganda beat?sy mo ganti nich ud 10000 km…buat harian dan sesekali turing jarak pendek

    • kayaknya beda bro… ane penrah jajal di motor sendiri dan liat di motor kawan.. subtitusi klop di mesin mio karbu… klo injection lom di coba.. tapi kyknya beda.. cmiiw

  33. Brow mau tang, gua punya mio 2010 mio gua kalau stat pertama bunyi ‘ nguk-nguk-nguk dan rasanya getar kalau di naiki. bunyi nya tu berasal dari rumah gadan kayakee wong suarane di blakang .maklum brow q gx terlalu tau soal otomotif , em kira2x ap ya. , ap yg hruz di ganti , blez

    • Gak dirawat kyknya tuh motor ya..? Biasanya coba cek gir set/rasio yg suka di kasih oli gardan. Biasanya udah gk bagus. Biasanya karena oli gardan kering jadi kemakan. Klo udah aus mau gk mau kudu ganti. Penyebab lainnya bisa jadi rumah cvt/secondary udah kering. Penyebabbya greas kering.. pernah sya alami di mio sya. Pake secondary KW .itu amat berisik bro. Soalnya bahan materialnya kasar.. nah yg punya bro KW apa ori.. klo ori semua. Coba cek yg tdi di sebutin.. ane sih fikir gir rasio/gardan masalah..

  34. bang, bisa kirimin apa saja yang perlu di ganti buat mio saya bertenaga lagi mas..
    kalo pake kopling beat 1 set bisa masuk nggk mas??
    trus apa perlu di rehab dlu biar masuk??
    mas, krimin foto kopling beat nya donk..
    mau beli tapi takut ketipu.. :D
    kalo boleh balasnya ke FB saya ya mas..
    harryramadhan27@yahoo.com
    soalnya sering lupa buat buka blognya mas..
    hihihi

    • cuman kanvas koplingnya doang… udah dikirim tuh di FB ya…

  35. kok nggk masuk inboxnya ke fb mas??

  36. tetap nggk ada mas.. :'(

  37. ia mas..
    fb kan??
    harryramadhan27@yahoo.com

    • pengaturan pesannya masalah tuh kyknya.. di fan page aja ya..

  38. fb mas apa??
    saya add dech..
    mau tanya2 lebih banyak

  39. sorry bang gw mau nanya .. mio gw baru masuk bengkel , dan ternyata ada masalah pada kopling ganda + mangkok kopling y .. minta saran biar ganti lebih murah + tarikan awal lebih enteng.. cz gw di tawarin bengkel 350.000 dan pengen ganti kampas beat takut gak cocok ..

    • Itu 350rb pa aja bro..? Klo manglok sama kopling otomatis ori mio semua kira2 emng mahal… rinciannya. Kopling set 233rb mangkok kopling klo gk slah 170rb, malahan nympe 400rban. Belum ongkos masang. Jgan2 gk ori tuh bro.. seperti yg di bahas diatas koment2 sebelumnya.. gak masalah bro pake kanvas kopling punya beat.. inget ya kanvasnya saja. Harganya klo blum naik 110rb dan klo di tambah mangkok ori mio 170rb jadi 280rb. Ya habislah 300rb sama upah masangnya… gitu broo.. semoga ada pencerahan. :)

  40. sorry bang gw mau nanya .. mio gw tahun 2011
    baru masuk bengkel , dan
    ternyata ada masalah pada
    kopling ganda + mangkok kopling
    y (udah aus) .. minta saran biar ganti lebih
    murah + tarikan awal lebih enteng..
    cz gw di tawarin bengkel 350.000
    dan pengen ganti kampas beat
    takut gak cocok ..

    • Cara cepat dan mudah tarikan enteng.. turunin berat roller jadi 9gr. Klo gak di mix jadi 11gr dan 9 atau 8gr sesuai kebutuhan. Masing2 3pcs.

  41. satu set kampas kopling ori (kata dia) .. terus menurut lu apa yg harus gw ganti ? cz kmaren di cek cvt y mangkok kopling udah aus + kamoas kopling !
    apa gw ganti mangkok kopling + kampas kopling beat ? ato satu set kampas mio ?
    o iya bang biar tarikan awal enak apa lg yg harus di ganti ?
    thx

    • Ya klo bisa 22nya bro.. mangkok kopling dale juga lelet tarikannya slip kopling, suara brisik etc.. roller bro turunin beratnya.

      • okelah kalo begitu :-)

  42. lam kenal Gan VW..

    langsung aja. mioku rakitan 2008 sporty, tapi mesin dah ganti 2010 smile (kecuali no mesin masih 2008/asli). sekarang sudah mulai bunyi ciit saat angkatan/tanjakan. lom pernah ganti kampas kopling. roler masih bagus dan ori (pernah diganti 2 kali). ban belakang uk 90/90. mesin meraung-raung di rpm tinggi dan top speed berkurang. konsumsi bbm sekarang jadi makin boros (setelan karbu sama dari dulu jaman baheula). *all parts masih ori.

    nah pertanyaannya, yang bikin bunyi cit-cit itu apa, apa yang bikin meraung2 dan tambah boros bbm, part apa yang perlu diganti.

    maklum masih newbie. trims.

    • Hehehehehe saya juga nubie. Sya juga menganut aliran standariah :D klo sepengalaman vw sih biasanya nih klo ngedecit. Bagian cvt kotor. Jadi vanbelt kurang ngegigit, klo vanbelt sudah keras diganti saja. Coba bersihin juga secondary, sekalian kasih greas baru, biar buka tutup secndary lancar. Ini pengaruh ke kecepatan jga. Biasanya roller sudah peang yg bikin motor meraung2 di putaran atas. Otomatis jadi boros bensin. Ganti baru aja bro.

      • ok trims. makasih masukannya :) #nunggu_dana

  43. Siang gan,
    Saya pngen nanya nih??
    Mtor saya ko d tanjakan malah ngeden dan ngeraung,
    Apa yg perlu d ganti??

  44. Yg sblh mana’y yua?
    K0mpling 0t0matis’y itu yg d sebut sproket bukan?

  45. 0ya lupa motor saya mio soul

  46. brow mw naxa ni, mio ane 2009 ,top sped xa kok gak xampek 100 ya, gmn cra ngatasinxa….ok thanks…

    • Klo memang mau ngejar top speed tapi standaran aja. Bisa main di roller, standaran kan 10.5gr bisa di taikin sedikit ke 11 atau 12 gr. Tapi di bawah agak berat tarikanya.

      • ok mas brow, thanks laen kali klo ada kendala ane maw nxa lagy….

  47. Pagi mas bro, maw nanyain knpa beat aku tarikanya sdah ngga normal lagi, mtor saya beat 2008, apa yg harus d ganti yaaa. Mohon penunjuknya, trimakasih banyak :)

    • pagi, wah motornya udah lama juga ya. gak normalnya seperti apa ya mazbro..? klo pemakain normal2 saja sebagaimana mestinya, gak di korek2 atau apa pun itu.. biasanya sih sepengalaman vw, motor matic berumur, biasanya kebanyakan yang harus di ganti. kopling, secondary yg sudah coak. klep yg sudah tipis. dulu pernah ganti di motor mio. tarikan lemot. penyakitnya ya. kopling otomatis yang sudah tipis, secondary coak. sama di ganti klep, tadinya mau di skir. tapi ganti saja yg baru..

  48. mas brow, ane maw naxa, ane
    perna nemu trotorial di google,
    kataxa klo ruma ruler mio klo di
    gosok pakek autosol tarikaxa
    mantap bro,tpi kmaren ane
    praktekin kok mala jdi lemot tarikan
    pertamaxa ya mas bro,mohon
    penjelasan….

  49. mas mau nanya donk
    beat saya tahun 2011 tarikan nya lemot (NGEDEN) dan ga ada lari nya
    paling mentok 80km/perjam lah
    ada solusi nya mas biar tu mtor bisa ngacir lagi

    • emang rada aneh beat, klo karbu kotor mazbro.. tenaga langsung down.. kemaren kejadian sama beat saya tahun 2011 juga.. kemaren sih beat di rumah penanganannya cuma di service ringan seperti biasa, ganti filter. sama roller di mix 8gr sama 9gr,,,, tenaganya ngacir lagi..

  50. gan info dnk lah klo cuma kanvasnya ja yg dignti mnk nga
    ngaruh bgt kan mankok na jg lama pemakaian jadi halus dlemnya nga maksimal dnk tetep ja larinya ntu motor intinya gw mo nanya klo mangkok kpling nga diganti nga pha2 .

    • klo punya dana lebih mending di ganti bro.. kurang gigit klo udah dalem.. kurang rsponsif. gak di ganti juga ok yg penting gak peang mangkoknya. semua disesuaikan dana aja bro.

  51. gan ane mw nanya…
    kalo mio 2010 bisa gak diganti pake kampas gandanya beat…
    urgent nii gan…
    kampas abis kantong tipis…

    • Bisa semua mio karbu..

      • Salam kenal bro vw. Ane mau tanya tapi rada oot; kampas beat pake di kymco easy cocok gak ya, secara mau dijual motornya jg sayang pake anak ke sekolah. Hatur nuhun.

      • Haduh belom pernah bongkar kykco :D mending bongkar koplingnya, bwa ke daeler honda. Di cocokin deh. Klo masij gak ada yg sama. Bisa di pantek kopling.

  52. Terimakasih Balasannya Mas VW. Alhamdulillah tadi udah bongkar sendiri, trus bawa kampas kymco yg asli ke toko onderdil, pelayannya sempat tanya ini kampas punya apa? ane langsung aja minta diambilin kampas kopling honda beat, eh ternyata PNP alias sama plek, ya udah ditebus aja harga 125 ribu. Baru kasih tau ke pelayan kalo ini punya kymco easy, yah itung itung nambah ilmu dia jg, jadi kalo ada pengguna easy supaya dapat part substitusinya juga. sekali lagi terima kasih mas vw.

  53. mas bro ane mw tny solusi nih,,ane punya motor mio awal tahun 2007,,kalo pake roler standar kagak bisa nanjak,,tapi kalo pake roler 7 gram 3 n 9 gram 3 bisa nanjak,masalahnya lari motor cuma mentok di 80 km/jam,,masalahnya dimana kira22 mas bro?karena ane dah tanya ke teknisi yamaha,,bingung jg mereka.

    • Memang begitu kosekwensinya jika pakai roller ringan, bro bisa pakai 10 atau 9 gr semua.. gak di mix.. bisa juga karena kompresi kurang ok. Mengingat umur motor yang lumayan tua, di ganti klep in out dulu. Lumayan berasa bedanya. Tahun kemarin saya ganti klep juga,

  54. sory nih mas bro,,mksdny klep in out apaan yak?ane buta masalah motor,,harap dimaklumi,,thanks

    • klep yang di blok head. yg fungsinya mengatur keluar masuk pembakaran dan pembuangan. harganya sih murah gak nyampe 90rb, ori mio.. tapi biaya bongkarnya klo gak salah di Beres yamaha 125rb upah bongkar. belum packing, oli dll. ya kira2 habis 250rb kurang lebih.

      • satu lg nih mas bro mw tanya,,,kalo kanvas kopling mulai kena tanda2nya apa yak??n berarti motor ane CVT ny blm kena yak kalo gk mau nanjak?karena pernah ane bawa nanjak waktu itu mesin tetep muter tapi van belt slip,,ampe berasap vanbeltnya,,pas vario lewat nyantai aja lewatnya,,padahal baru ane servis..thanks,,maaf bnyk nannya mas bro

      • gak apa2 bro. klo sya bisa, jawab :) klo kanvas habis, ya motor telat respon, kurang nendang tenaganya. slip klo di tanjanjakan.. ujung2nya ngaruh ke tenaga juga.. banyak faktor bro motor lelet. bisa juga secondary udah coak. jadi motor tenagannya nge gantung. klo pengen tambah responsip setelah ganti kopling sama roller. biasanya anak2 bengkel suka mengganjal per kopling pake ring seher 3 biji atau tergantung kebutuhan..

  55. thanks infonya mas bro,,ane coba dulu,,

  56. memang benar kmps kopling gnda bsa buat beat,
    sya jg gra” di ksh sran sma bengkel lnggann sya servis,
    tapi sekrang udh gx bunyi grudug” kruug endet endet tuhh.. ngacir terus jakrta bnjarnegra

  57. Gan mau nanya nih kalau kampas
    Kopling otomatis mio j bisa di canibal sama kampas beat ga?thanks gan

    • Wah lom pernah buka punya mio j bro. Heheee.. tar klo ane buka cvt punya x ride ane tar ane review. Soalnya x ridenya masih baru. Jadi lom di bongkar2

  58. bro, mtor gw mio j. . knpa yaa tiap 60km/jam slip truz! pdhal udh gnti vbelt, roller, grease & filter injeksi. .thanks

  59. Sore agan VW, mau minta tolong ni,, motor gue mio soul 2011,, tenaga bawahnya ampun deh berat bingiiiiit…barusan ane bongkar sendiri tu motor,, hasilnya kanvas ganda uda kurus,, yg mau ane tnya ni, klo spring CVT belakangane ganti sma punya beat, sama roller jd 9gram, sama kanvas ganda ane ganti punya beat,, kira2 sembuh ga penyakit low power di putaran bawah? Thanks gan

  60. gan mau tanya nh ..
    Saya mggu kemarin ganti kanvas ganda beat
    ori untuk mio th 2010 saya .. Dan langsung
    pasang saja ,..
    Tp qo kalo kecepatan di atas 60 motor terasa
    bergetar di bagian block CVT , itu kenapa yah gan ? Sebelum kanvas ganda belum d
    ganti motor aman2 saja .. Tp skrg bergetar
    kecepatan 60 k atas .. Apa karna masih baru
    yah ? Tp d gas awas mtor ngacir banget ,
    pas d pasang jg ga harus d kikis udah pas ..
    bergetar’a itu loh yg bikin ga nyaman ..
    Mohon pencerahan’a gan .

    • biasanya di mio saya yg bikin geter, vanbelt udah kotor atau berumur, sama roller udah peang.

  61. roller baru d ganti jg gan ..
    Tp sebelum kanvas ganda’a d ganti , ga ada getaran , aman aman aja .. Ini bergetar seperti nyundul2 d kecepatan 60km k atas ..

    • Vanbelt masih ok apa ngga bto..? Ane udah masuk tahun ke 2 kanvas beat nya. Alhmdllh aman jaya. Klo geter di bershin langsung normal kembali

  62. v-belt cuman retak2 dkit doang , belum pernah d ganti .. Service CVT gmna sh bro ? Apa harus d lumasin gemuk ?

    • Greas/gemuk nya di ganti bro. Biar buka tutup nya lancar secondary nya. Sama as puleynya. Bongkar sendiri aja di rumah. Vanbelt retak2 itu yg bikin kendor atau kurang kenceng tekanan vanbeltnya. Hasilnya luncat2an

  63. ok thanx info’a yah bro .. Maaf sebelum’a banyak tanya , coz’a masih awam :D

  64. Maaff gan motor mio soul 2009 ane kok lari nya cuma 40 sampe 60 gitu .tapi pas d 60 nya malah geget gitu dari bawah nya? .itu penyakit nya apa ya gan? .makasih sebelum nya gan .

  65. gan tanya,,,motor baru supra x 125 new 2014 suara dah nguk nguk di saat dingin rpm renah kalau pedal kopling di injak suara’y hilang,,,

    • Klo waktu itu.. jaman2nya saya di vespa. Gigi nanas yg di kopling ada masalah/udah aus. Kyknya di supra gak jauh beda.. penyebabnya kya gitu

  66. klo mw beli dudukan kanvas gandanya aja “copotan” brp harganya ya..??

  67. Pagi gan.,ane mau tanya nie..mtor ane mio sporty tahun 2008,,pnya mslah dbag cvtnya,ane udah gnti rumah pulley+rollernya,kipas,van belt,rumah mgkok kplng,ma kampasnya ane gnti yg pke beat..tp knpa pas tarikan awal selalu geter bgt + ada suara gludak gluduk gtu dr cvtnya ya gan,,itu knpa ya gan?tlg blz y gan!thx.

    • Kemungkinan pemasangan gak bener bro.. sepengalaman ane klo kejadian gitu.. vbelt udah getas

  68. Mio susah hidup n g bs lari lw ditarik sg full ngadt tlg sarannya

  69. nanya bos…kampas beat yg d anjurkan..yg beat karbu apa beat FI??ap untuk mio sporty lama thn 2008 bs pake pny beat..PNP??terimakasih…

  70. Juragan VW, mohon pencerahan
    Sy dah simak semua ulasan keren di atas soal substitusi pake kampas ganda beat. Mau konfirmasi : ganti kampas ganda nouvo lele sporty 2004 pake punya beat plus mangkok mio langsung pnp juragan? Tks bgt

    • Oiya. Efek ke tarikan n larinya gimana. Tks

  71. maaf gan…
    klo kampas kopling beat ke mio j masuk gk?
    trus ane kan udh ganti roller pake 8gram, itu klo uda di 80km/jam itu kyk turun gas sendiri…tp gk lama normal lg…itu knp yh?
    maaf nih kepanjangan :D

    • menurut pengalaman kawan ane, yg menggunakan x ride, yg secara garis besarnya menggunakan mesin yg sama seperti mio j. untuk penggunaan kanvas kopling beat harus memperbesar lobang dudukan kanvas beatnya. jadi mesti di bor pas lobangnya. klo gak center malah gak sempurna buka tutup kanvasnya. dia malah ngalamin kanvasnya ancur mleleh gesekan sama mangkok koplingnya. mungkin agak miring ngebornya. klo di mio karbu. pnp tanpa ubahan.. ane udah pake tahun ke 3 nih pake kanvas beat. dan masih awet. (pemakaian normal)
      untuk pemakaina roller 8 gr.. nahh berhubung motor x ride ane pake roller 8gr juga bawaan dri pabrik.. emng gejalanya bgtu pas 80km tarikan meraung2, ngakalinnya ya di tarik ulur gasnya. atau di kocok.. tapi pake 8gr.. tarikan awalnya maknyoss.. :)

  72. gan mtor w mio 2010 w mau ganti kanfas beat biar nambah sped, tapi perlu di ganti gak bro v-bell sama rollernya

    thank ya bro

    • klo tambah speed banyak yg mesti di rubah. kanvas beat hanya subtitusi murah atau pilihan lain selain ori yamaha, yg mesti beli satu set. pengaruhnya hanya lebih gigit dan hemat.

      • ok makasih info,a gan,

  73. Punten..Ms bro ogut mau tanya mtr ogut yamaha mio thn 2009 blok mesin ogut udah di ganti pake kawahara 58nan, dan per_svity TDR udah 1500rpm, lorer rancing TDR 8gr, apakah bisa lebih ngacir lg kalau di ganti kampas otomatis yg punya baet..? mohon d lz ea msh awam neh.

  74. numpang tanya mas bro…mio saya thun 2011 dlam kecepatan 60 km masih enak tapi klo di gas mau nambah kecepatan mesin mendengun dan bergetar tapi kecepatan tdak mau nambah. paling mentok 70 km…saya jadi bingung apanya yang harus diganti kanvas kopling atau rollernya…trims


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 670 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: