Oleh: viewie white blog's | 18 Juni 2012

CRANKCASE PATAH, JANGAN DI LAS…! BELI SAJA YANG BARU. MURAH DAN GAMPANG PROSESNYA KO….!

Bagian Yang patah

Bagian Yang patah

Mungkin sebagian dari kita tidak tahu bahwa crankcase motor atau chasis  yang rusak  dapat di ganti yang baru dengan cara memesan di daeler tempat kita membeli motor tersebut. Dikarenakan ketidaktahuan sebagian masyarakat, jika kendaraan yang rusak kebanyakan hanya di akal-akali saja.

Kita ambil contoh : crankcase motor pecah apalagi  di bagian yang terdapat  cetakan nomor mesinnya, pasti pemilik kendaraan akan kebingungan karena berfikir mesin gak bisa di ganti karena ada nomor mesinnya. pilihannya hanya di las babet saja. Padahal las-lasan tersebut belum tentu kuat. Dan harga jasa lasnya yang lumayan mahal. Dahulu kawan VW pernah mengalami pecah crankcase dikarenakan ngdlosor di jalan. posisi motor jatuh miring,  mentok pohon di pinggir jalan, pas banget di bagian brecket antara mesin dan chasis. Alhasil  crankcase untuk dudukan bracket  sebelah kiri patah yang berarti, pas dimana terdapat nomor mesin. motor kawan VW adalah Yamaha mio soul. Dalam ke bingung banyak yang menyarankan untuk di las babet saja dan akhirnya  minta saran, VW sarankan di ganti saja yang baru. Dengan nada setengah percaya kawan VW bilang emangnya bisa apa ganti mesin.  Ternyata kawan VW ini belum tahu bahwa crankcase bisa di pesan. Gak kebayang kalau jadi di las, trus patah lagi pas lagi ngebut di jalan. Ngdlosor dua kali, bahkan bisa lebih parah.  VW memberi tahu syarat-syarat pengajuan crankcase baru ke dealer Yamaha, berupa fotocopy BPKB, STNK. Berhubung kendaraan yang di miliki kawan VW tersebut credit, jadi harus meminta Fotocopy BPKB di lampirkan surat keterangan bahwa kendaraan tersebut masih masih dalam angsuran. Di legalisir oleh leasing tersebut. Setelah itu langsung ke daeler Yamaha membawa berkas-berkas syarat pengajuan crankcase dan di bawa motor mio soulnya karena nanti akan sekalian bongkar pasang. Akan tetapi menurut kepala mekanik untuk pemesanan crankcase baru memakan waktu 2 bulan paling lama, tergantung  seberapa jauh atau dekat nomor mesin kita dengan yang sedang di cetak oleh pabrik. Waktu itu harga crankcase masih di bawah 500rb. Belum termasuk ongkos bongkar pasang dan part lain yang di ganti. Benar saja pemesanan memakan waktu 7 minggu, dan pemasangan 2 hari. Total biaya yang di keluarkan adalah 930rb.

Oleh karena itu, jika memang perbaikan yang di lakukan memiliki resiko  yang besar bagi keselamatan kita maupun keawetan kendaraan, lebih baik di ganti saja walaupun agak sedikit besar uang yang harus di keluarkan akan tetapi setimpal yang akan kita dapatkan. Rasa aman dan kenyamanan kendaraan kita seperti semula. Bayangkan jika hanya di akal-akali saja. Pasti akan terulang kejadian yang sama, mungkin lebih parah.

Pilih mana mazbro..?

 

 

 

gambar diambil dari google

About these ads

Responses

  1. jadi ingat crankcase yamaha rx yang dulu retak karena kebentur setang piston yang patah. sialnya retakannya tepat di nomor mesin. harus pesen ke pabrik langsung (via Yamaha Sumber Baru Motor Pingit- Jogjakarta ). memang bener seperti info diatas, pake fotokopi BPKB, STNK dan crankcase yang retak diminta untuk dimusnahkan (biar nggak terjadi nomor mesin ganda). harganya waktu itu 300 ribu tahun 1995.

    • Ya betul mazbro, crankcase lama tidak di kembalikan, karena di musnahkan. Klo bagian vital lebih baik diganti saja yang baru. Soalnya menyangkut keselamatan dan kenyaman berkendara. :)

  2. brarti nomer mesinnya tetep donk mz?

    • nomor mesinnya tetep ya itu juga. proses paling lama 2 bulan inden itu, di karenakan menunggu urutan nomer mesin yang sama dengan nomer mesin kita. misal no mesin kita 5TL E.1234, dan posisi cetak di pabrik di urutan 5TL F.1234 jadi harus menunggu abjad G,H,I,K,L,M smpai ke 5TL E1234 lagi. baru di cetak crankcase kita. begitu penjelasan kepala mekanik. semoga membantu.. :)

  3. klo rangka motor bisa juga kah?

    • sama bisa. :) yang pentingsurat2 seperti BPKB & STNK lengkap pas pengajuan ke daelernya.

  4. Bro kalo indent pairing, misalnya pairing CBR 150R, sama ya syaratnya seperti ulasan diatas..??

    • Jika fairing tidak memerlukan surat2 seperti diatas mazbro. Karena tidak memerlukan legalitas

  5. waduh gw juga punya masalah crankcase pecah bingungnya setengah mati
    Akhirnyq gw jual juga dngan harga ngeprek,kalau tahu bisa pesan di dealer dan harganya ga sampe 1 juta mending gw ganti aja

    • wah syang skli mazbro… murah meriah pasti di jualnya..

      klo gak salah waktu itu harga crankcase saja 375rb. ongkos turun mesin 150. bearing, oli paking seal. dll sisanya. total 930rb.

  6. bener bro, gw jg baru masukin motor mio adik gw hari senin kmrn di plasa yamaha cempaka putih jakpus, yang kejadiannya sama PATAH. tambah foto copy ktp, BRO. gw bayar 434,500 rupiah untuk pemesanan crankcase. kebanyakan kesalahan pemake bro..
    kurang lebih 2 bulan selesainya

  7. siip infonya. skrg serba bisa, kendalanya tinggal indentnya..

  8. nice info

  9. MarkoTOP banget broooo

    http://nunkiman.wordpress.com/2012/06/20/cakram-gan-tutorial/

  10. nice info, tapi klo motor cm 1, trs dipake kerja sedangkan crankcase pecah, gimana y?

    http://zrriders.files.wordpress.com

  11. ternyata matik yamaha rawan patah ya???

    • itu jatuhnya pas antara bracket mesin ke chasis. mentok pohon . klo di posisi sprti itu kyknya smua matic juga patah.. :D

  12. kok yamaha mulu yg pcah crankcase’y.. xixixixi BC MODE = ACTIVATED :mrgreen:

  13. Pilih yang ke – 2, meskipun harganya “agak menyakitkan”, hehehe. Tapi kualitas lebih terjamin. Tapi lebih baik lagi ya jangan ampe kecelakaan parah bro :cool:

    http://dizmaz.wordpress.com/2012/06/23/inspirasi-modifikasi-motor-honda-cbr-250r-part-1/

  14. temen ane zx135 pecah kena rel kereta, kok gak bisa di ganti ya! kata dealer kawasaki gak bisa ganti karena ada nomer mesin, sekarang di bebet dan masih rembes. kemana-mana selalu bawa oli mesin, takut kehabisan oli mesin.

  15. nice info masbro…

  16. Bro,kalo crankcase supra bisa dipesan gak di AHASS

  17. 2 bulan lalu gw kecelakaan mtor gw kelindas truk, 40% ancur. mtor gw absolut revo110cc th 2010, gw beli d purbalingga jateng, skrang gw d banjarmasin kalsel, pas gw bawa k bengkel gbsa sepenuhnya bisa cz rangka udah gbsa d pres lg, mereka nyaranin gw susuh beli rangka baru d dealer awal(pbg) gw jg blm tau d dealr awal bsa pesen g n mtor g mungkin sy bwa k jawa mengingat kurang aman d kendarai, pertanyaan gw bisa g kira2 gw pesen rangka d dealer awal trus d pasang d kalsel, berapa y kisaran hrganya, mksh sblumnya mhon jwbnya

    • sebetulnya mau dmna pu, pemesana dapat dilakukan selagi surat2 dan syart2 suanya lengkap.. untuk masalah harga bisa bro cek di web honda . sebetulnya. jika motor di bwa pulang ke purbalingga pun. sama saja . pasti chasis akan di bwa ke pabrik di daerah sunter atau pun cikarang, untuk proses. CMIiW. kisaran harga bisa berbeda. untuk pulau jawa dengan kalimantan.
      coba cek di sini http://www.astra-honda.com/index.php/katalog

  18. wah mksh bnyk masbro sangat membantu, oy selain surat ,jg hrus nyertain no rangka y,

    • sebelum di proses rangka atau crankcase baru, yang lama di bawa ke daeler untuk di musnahkan.

  19. Selain fc bpkb dan stnk sama crankcase yg rusak di serahkan. Apakah ada persyaratan lain yg perlu di lengkapi lg bro? Thx..

  20. Selain fc bpkb sma stnk dan crankcase yg rusak di serahkan, apakah ada persyaratan lain yg perlu di lengkapi lg bro? Thx..

  21. tolnk gue ni gan, motor mio cw gue khbisan oli apakah masih bisa di perbaiki

  22. tolnk gue ni gan, motor mio cw gue khbisan oli saat jalan, apakah masih bisa di perbaiki,.?

  23. mas tanya lg neh, klw beli mtor tp msh kredit n blm lunas tp mtor itu rusak/kecelakaan ktnya bsa d balikin/d tukar lg k dealer y, tu gmna sh skemanya/prosedurnya thx

    • klo di balikin kyknya gk bisa broo.. motor kecelakaan paling dapet asurangsi dari leasing tempat kita kredit. itu pun untuk kerusakan min 80% brrti ancur. tapi ribet bro ngurusnya..

  24. yaya thx berat brow lw sangat membantu

  25. bro gw udah pesen beberapa bulan yg lalu k sebuah dealer d banjarmasin, tp kq lama bngt y barangnya belum ad malah belum ad konfirmasi dari pabriknya, pertnyaan emang lama y klw pesen chasis, apalagi mtor plat jawa, ngaruh g sih pesen d tempat laen n bisa g,

    • di bogor saja butuh waktu 2 bulan mazbroo untuk pemesanan crankcase.. padahal jarak dengan pabriknya gak terlalu jauh.. bisa jadi pengurusan dari banjar masin butuh waktu yg lebih lama lagi.. dari pengiriman.. serja jenis motor masih di produksi apa tidak..

      • masih . motor
        keluaran 2010

      • Klo bgtu coba di dealer Yamaha yang lebih besar lagi bro…

  26. Bro,teman ak punya motor jupiter Mx tahun 2010, nomor mesin di rusak orang,angka dan nomor hilang gak biasa dibaca.kalo seperti itu solusinya gimana bro????

    • sulit bro kyknya untuk ter identifikasi.. gak ada bukti otentik kesamaan nomer mesin dengan BPKB..
      dengan kata lain, bisa di sebut beli motor bodong di kawinkan dengan bpkb motor yg hilang.. begitu bro…
      semoga membantu..

  27. ..kalo mtor udah bor_up_n trus mw di standar_n lg.g_mana ?
    .posisi crankcase kan udah d babad secra lubang boring udah gede.
    .
    .kalo boleh tw las babed ituh d mana. ?

  28. klu rumah baut oli mesin vega zr pecah, bisa dibuatkan lgi gk. trus biayanya kira2 berapa brapa

    • klo cuma lubang baut oli, biasanya di las babet.. biaya’y gak nympe 100rb.. tergantung pinter2 nawar aja..

  29. dilas dh tak bisa, saya coba bubut ulang tp kok olinya msh netes. rencana mau saya ganti rumah bloknya bisa sampai brapa ya..

    • klo beli crankcase’y doang mah murah, di bawah 500rb biasanya (bongkar pasang sendiri).. cuma nungu barang jadi dri pabrik’y sekitar 2 bulan. itupun daerah jabotabek, klo di luar mungkin bisa lebih lama lagi…

  30. nah ni dia yang tak cuari2 aku butuh jawaban nih,capa yang bisa bantu tolong dah .varioku juga patah pada crankcasenya.nah pas mau beli baru persyaratan memang betul, kaya photocpy stnk bpkb ktp dah dipenuhi tapi dari pihak ahass masih meminta surat ket kepolisian.lah aku dah coba mminta surat keterangan tapi pak po[isinya malah bilang gak pernah bikin surat ket utk hal spt itiu,gimana nih mas bhroooo,sementara tak akalin dgn las buat transportasi gitu

    • mungkin setiap produsen berbeda2 prosedur’y. mungkin AHM, memerluka surat keterangan dari kepolisian sedangkan YIMM tidak memerlukannya. Nah coba bro ikutin aja prosedurnya, dan ketika ke kepolisian di jelaskan tujuan membuat surat tersebut. Buat saja surat keterangan bahwa kendaraan tersebut milik bro nugraha. Mungkin surat tersebut yang di maksud.

  31. kayaknya dah pernah baca deh, koq lupa je, beda kalau sama rangka satria, ribet

  32. Mesin yamaha klasikku Super L2 juga retak dilas tapi saat dipakai retak terbelah jadi dua, jadi bisa pesan nggak ke dealer yamaha, soalnya sayang dijual, antik dan klasik sih.

  33. kira kira berapa lama datang nya pesanan crank case di derah sulawesi

    • di bogor saja yg jaraknya dekat dengan pabrikan yamaha makan waktu 2 bulan.. (catatan, waktu itu mio lagi rame2’y di produksi pada tahun 2008) mungkin untuk sekarang bisa lebih cepat, soalnya mesin mio type karbu tinggal sisa mio fino.. CMIIW

  34. apakah lama pemesanan nya lama kalau motor nya keluaran 2005

  35. Kalau Rxs th 1980 posisi di kaltim apakah masih bisa pesan crankcase?motor ini sudah gak di produksi lagi

  36. bro w mw tanya
    kalo karna d pakai balap crankcase lubang nya kn jd besar, terus bisa pesan crankcase asli nya d dealer ga

    • Kyknya penganti bukan karena yang di sebabkan oleh modifikasi.

  37. Ini nihh bahasan yg ane butuhin… (y)
    Oya bro, klo pesen mesin full set (segelondong) dg nmr mesin yg sama bisa juga kan? estimasi biayanya brp ya?

    • Klo estimasi bro bisa cek di yamaha genui part catalog. Di web yamaha indonesia. Di situ lengkap penjabaran dengan gambat. Semoga membantu

      • mazbro saya minta info nya dong..

        motor saya absolute revo 110cc,, lubang pembuangan oli nya retak gara” ke jlnan brlubang besar..
        nama barang nya apa & hrga ganti yg baru brapa hrga nya??

  38. motor honda absolute revo 110cc saya,, lubang pembuangan oli retak om,, tu gara” ke lubang besar di jlnan..
    tu nma barang nya apa om & brapa hrga gnti yg baru??

    • Bilang aja crankcase. klo mio saja yang lumayan besar crankcase nya di hargai kurang dari 500rb. berarti absolut revo kemungkinan lebih murah. cmiiw

  39. maaf gan. masih penasaran. Kalo oli gear/ gardan cvt mio bocor saranya di las babet atau ganti yg baru yah? terimakasih.

    • bocor drimana nih bro..? klo dri lobang baut. mending di cor lagi ke tukang bubut..

      • iya bener. di pas ada lobang baut gitu. ke bengkel resmi sih sarannya turun mesin. tapi kalo bisa las babet mah. syukurlah

      • emng harus turun mesin biaanya klo mau di las babet/tambah daging. :)

  40. Kalau untuk pesan crankcase astrea gran tahun 91,bisa gk ya?soalnya sudah retak karena umur mungkin?lalu gimana proses awalnya dan berapa kira2.terimakasih.

  41. Kalau untuk pesan crankcase astrea gran tahun 91,bisa gk ya?soalnya sudah retak karena umur dan salah pemasangan waktu di bengkel mungkin?lalu gimana proses awalnya dan berapa kira2.terimakasih.

  42. Gan ada ga rangka jupiter z 2008.
    kalo ada gan tolong di konfir ya .


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 729 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: